Jumat, 28 Oktober 2016

Ekstensi dan Dial Plan pada Server VOIP server softwitch

A. Pengertian Ekstensi dan Dial Plan pada Server VOIP



Extension di definisikan sebagai sekumpulan perintah untuk dijalankan. Perintah-perintah ini biasanya di jalankan berdasarkan urutan dari tingkat prioritasnya.

Dial Plan berfungsi sebagai routing panggilan antar ekstensi, baik yang berada dalam satu IP-PBX (lokal) maupun antar IP-PBX, atau biasa disebut dial trunk.

B. Konfigurasi Ekstensi dan Dial Plan pada Server Softswitch\
a. Konfigurasi Ekstensi Server Softswitch
1. Konfigurasi Data Account Umum
[general]-->>context umum,harus ada context=default-->> nama context user port=5060-->> default port untuk SIP binaddr=0.0.0.0-->> listen semua ip_addr yang request srvlookup=yes
2. Konfigurasi Data Account User/Extensions
Softphone-->> nama atau nomor account [101] (user/extension) type=friend -->> tipe account username=101 -->> login account secret=101 -->> password account host=dynamic -->> host yang menjadi IP PBX,dpt berubah nat=no -->> tanpa NAT dtmfmode=rfc2833 -->> RTP Payload for DTMF Digits, Telephony Tones and Telephony Signals allow=all -->> mode codec, bisa semua jenis codec callerid=”sip00”

-->> id client context=voipkn -->> context jaringan user canreinvite=no -->> mekanisme canreinvite mailbox=101@voipkn -->> username@context

b. Konfigurasi Dial Plan Server Softswitch
Untuk mengkonfigurasi dial plan, edit file extensions.conf dengan mengetik nano /etc/asterisk/extensions.conf. Pastikan bahwa seluruh perintah pada file ini sudah dinonaktifkan.

Ketik perintah di bawah ini hanya berlaku bagi context “voipkin”:

Exten=>101,2,Hangup-->> setelah timeout dilakukan hangup exten=>102,1,Dial(SIP/102,20) exten=>102,2,Hangup
Share:

0 komentar:

Posting Komentar